Friday, July 1, 2016

Akibat Jika Insulator Coil Pengapian Bocor atau Rusak


Insulator coil atau cup ignition coil dengan mudah bisa ditemukan pada mobil-mobil dengan menggunakan direct ignition atau pengapian langsung dan biasanya terdapat satu coil untuk satu silinder atau satu coil untuk satu busi.

Ignition coil atau koil pengapian atau bobin berfungsi untuk menghasilkan bunga api listrik untuk membakar campuran bahan bakar pada akhir langkah kompresi.

Artikel sistem pengapian berikut ini akan membahas cup ignition coil atau insulator coil yang rusak atau mengeras sehingga listrik tegangan tinggi yang di hasilkan koil bocor dan mencari jalan singkat menuju dinding silinder head di samping koil dan akibat yang ditimbulkan.

Cara Cek Koil Mobil



  • Sistem pengapian langsung atau direct ignition

Insulator coil terdapat pada sistem pengapian langsung atau Direct Ignition System (DIS) atau pengapian tanpa distributor untuk mendistribusikan listrik tegangan tinggi ke busi.


  • Insulator coil Pengapian

Beberapa akibat yang ditimbulkan jika cup ignition coil rusak mesin merebet dari berbagai tingkatan berdasarkan gejalanya,tingkatan tergantung dari tingkat kerusakan cup ignition coil :


  • Mesin merebet terasa jelas saat stationer atau langsam

Mesin merebet terasa saat di gas atau akselerasi, tidak terasa merebet atau getaran saat langsam
Mesin merebet saat di pakai jalan, tidak terasa getaran atau merebet saat langsam atau di gas saat mobil diam, tetapi mesin merebet saat mobil di pakai jalan beberapa kilometer kemudian hilang lagi, saat merebetnya kadang disertai nyala cek engine kemudian cek engine mati sendiri.
Terdapat tanda secara fisik dan dapat dilihat secara kasat mata jika insulator coil rusak seperti gambar di bawah,pada dinding keramik busi terdapat bercak hitam berpola sebagai akibat tegangan tinggi listrik dari koil menembus dinding keramik busi.


  • Dinding keramik busi terlihat ada bercak hitam

Tanda Insulator coil rusak juga bisa dilihat secara fisik,pertama insulator coil yang sudah mengeras dengan tanda sudah berubah warna menjadi kecoklatan,tidak elastis,kalau ditekan menggunakan tangan terlihat retakan dan menyebabkan terjadinya kebocoran arus listrik,sehingga arus listrik yang ke elektroda busi berkurang berakibat bunga api yang tidak maksimal pada elektroda busi.
Cara mengatasi tentu saja cukup dengan mengganti insulator coil atau cup ignition coil atau kalau tidak menemukan insulator coil harus mengganti ignition coilnya.

Src : http://tipscaradaftar.blogspot.com/2016/06/cara-cek-koil-mobil-yang-bermasalah.html

Akibat Jika Insulator Coil Pengapian Bocor atau Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Roxane Nilsa Hodges

0 comments:

Post a Comment

Cara Cara